Thursday, October 18, 2012

Definisi Kognitif, Afektif, dan Psikomotor



DEFINISI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK
1.      Kognitif
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif.  Ranah kognitif  memiliki enam jenjang atau aspek, yaitu:
1. Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge)
2. Pemahaman (comprehension)
3. Penerapan (application)
4. Analisis (analysis)
5. Sintesis (syntesis)
6. Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)
Tujuan aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi.
2.      Afektif
     Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku.
Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu:
1. Receiving atau attending ( menerima atua memperhatikan)
2. Responding (menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”
3. Valuing (menilai atau menghargai)
4. Organization (mengatur atau mengorganisasikan)
5. Characterization by evalue or calue complex (karakterisasi dengan  suatu nilai atau
komplek nilai)
3.      Psikomotorik
     Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.
Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui: (1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung, (2) sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, (3) beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.

78 comments:

  1. Makasihh bnyak, membantu sekale smntra presentasi. Tengkyu

    ReplyDelete
  2. izin repost di maulidaixd.blogspot.com ya kak.. buat tugas sekolah. aku tulis kok creditnya.. makasih:)

    ReplyDelete
  3. sy izin copas juga, terimakasih banyaaaakkkk,,,

    ReplyDelete
  4. Saya mohon izin copy paste.. terima kasih :)

    ReplyDelete
  5. gan, kalo bikin artikel, dibiasain dikasih sumbernya. biar ga dibilang PLAGIAT.

    ReplyDelete
  6. Ijin Copas yaa...,
    matur Thenkyou ....

    ReplyDelete
  7. Thankz infox membantu bgt....izin copas ya.....

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah jadi lebih paham, terimakasih.
    Smg dibalas Allah dgn kebaikan yg lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  9. siipp... masih informasinya...

    ReplyDelete
  10. mas,,,saya mau penjelasan poin no 2,. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. --ni tu maksudnya afektis atau kognitif...

    ReplyDelete
  11. makasih , telah membantu pemahamanku

    ReplyDelete
  12. Terimakasih banyak tentang artikelnya... semoga bermanfaat untuk semuanya..

    ReplyDelete
  13. buat bhan ujian nich.. izin copas yak, makacih.

    ReplyDelete
  14. mantap sekali patut di kasih jempoooooooooooooooolllll

    ReplyDelete
  15. sangat membantu,,,terimah kasih deh

    ReplyDelete
  16. kalau contoh soal dari ASPEK PSIKOMOTORIK kayak gimana? tolong bantuannya dong...... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. psikomotorik ada psikomotorik halus dan kasar.contoh kemampuan anak dalam menulis, menangkap bola, dll.ok

      Delete
  17. Ada beberapa laporan yang beredar bahwa DRB Hicom-sedang mencari kemitraan strategis dari mobil Jepang akhir-akhir ini, dan kami hanya menerima kabar bahwa kesepakatan sekarang di tempat. Review Mobil Proton Indonesia Terbaik akan bekerja sama dengan Honda untuk mengembangkan peningkatan teknologi dan jajaran produk baru, serta berbagi platform dan fasilitas.

    Setelah Anda tahu apa yang akan menjadi permainan terbesar di dunia online saat ini, sekarang saatnya untuk beralih ke cloud dedicated server murah untuk memperoleh solusi yang akan memanfaatkan cloud dedicated server indonesia. saya memberikan Rekomendasi untuk Cloud Dedicated Server Terbaik dan Termurah di Indonesia. Ribuan perusahaan besar mendesain ulang solusi hosting mereka untuk menggabungkan keuntungan yang tercantum di atas, yang saat ini fitur cloud dedicated server terbaik dapat menemukan kembali cara Anda meng-host.
    Info lebih lanjut :

    Review Mobil Proton Indonesia Terbaik http://www.hanivinside.net/2014/08/review-mobil-proton-indonesia-terbaik.html

    Cloud dedicated server murah http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html

    Cloud dedicated server indonesia http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html

    Cloud dedicated server terbaik http://www.hanivinside.net/2014/09/cloud-dedicated-server-terbaik-termurah.html

    ReplyDelete
  18. Makasih..infonya membantu dlm ngerjain tugas..ijin copas ya..

    ReplyDelete
  19. terima kasih, informasinya membantu sekali :))

    ReplyDelete
  20. Terimakadih mas http://fitrarahim.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui: (1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung, (2) sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, (3) beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.


    maaf pernyataan yang anda tulis di atas itu apakah ada sumbernya misal bukunya siapa gitu ?? atau memang pernyataan dari anda sendiri? terimakakasih....

    ReplyDelete
  22. maaf, ada refrensi buku yang dipakai ya..? boleh tahu bukunya..?

    ReplyDelete
  23. sangat membantu :D terimakasih :)

    ReplyDelete
  24. saya minta izin ya untuk menggunakan materi ini sebagai referensi. terima kasih :)

    ReplyDelete
  25. Terima kasih, saya sangat bersyukur karena ini sangat membantu

    ReplyDelete
  26. Makasih.....
    ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  27. terima kasih semoga tuan sentiasa diberkati.

    ReplyDelete
  28. Sngat informatif, bantu mncerahkn yg awalny bias. Tks sdh berbagi

    ReplyDelete
  29. simpel, tpi lengkp, mudh d fahamii,, thanks

    ReplyDelete
  30. terimakasih atas informasi nya sangat membantu. semoga sukses buat anda :)

    ReplyDelete
  31. Thanks atas penjelasannya,cukup menambah wawasan

    ReplyDelete
  32. Trimakasih dan silahkan copas.. semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah sungguh bermanfaat. terimakasih...

    ReplyDelete
  34. tuan rumah mohon share untuk perkongsian ilmu

    ReplyDelete
  35. terimakasih, informasi yang bagus...

    ReplyDelete
  36. terimakasih, artikel ini telah membantu saya dalam menyusun RPP yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  37. ok, terima kasih informasi dan pengetahuannya buat saya, semoga amal baik anda dibalas Tuhan Yang maha Tahu dan Maha Pemurah.

    ReplyDelete