Kamis, 18 Oktober 2012

Definisi Kognitif, Afektif, dan Psikomotor



DEFINISI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK
1.      Kognitif
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif.  Ranah kognitif  memiliki enam jenjang atau aspek, yaitu:
1. Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge)
2. Pemahaman (comprehension)
3. Penerapan (application)
4. Analisis (analysis)
5. Sintesis (syntesis)
6. Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)
Tujuan aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi.
2.      Afektif
     Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku.
Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu:
1. Receiving atau attending ( menerima atua memperhatikan)
2. Responding (menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”
3. Valuing (menilai atau menghargai)
4. Organization (mengatur atau mengorganisasikan)
5. Characterization by evalue or calue complex (karakterisasi dengan  suatu nilai atau
komplek nilai)
3.      Psikomotorik
     Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.
Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui: (1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung, (2) sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, (3) beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.

27 komentar:

  1. Makasihh bnyak, membantu sekale smntra presentasi. Tengkyu

    BalasHapus
  2. izin repost di maulidaixd.blogspot.com ya kak.. buat tugas sekolah. aku tulis kok creditnya.. makasih:)

    BalasHapus
  3. sy izin copas juga, terimakasih banyaaaakkkk,,,

    BalasHapus
  4. Saya mohon izin copy paste.. terima kasih :)

    BalasHapus
  5. gan, kalo bikin artikel, dibiasain dikasih sumbernya. biar ga dibilang PLAGIAT.

    BalasHapus
  6. Ijin Copas yaa...,
    matur Thenkyou ....

    BalasHapus
  7. Thankz infox membantu bgt....izin copas ya.....

    BalasHapus
  8. terimksih... membantu sekali :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah jadi lebih paham, terimakasih.
    Smg dibalas Allah dgn kebaikan yg lebih baik lagi.

    BalasHapus
  10. siipp... masih informasinya...

    BalasHapus
  11. mas,,,saya mau penjelasan poin no 2,. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. --ni tu maksudnya afektis atau kognitif...

    BalasHapus
  12. makasih , telah membantu pemahamanku

    BalasHapus
  13. Terimakasih banyak tentang artikelnya... semoga bermanfaat untuk semuanya..

    BalasHapus
  14. buat bhan ujian nich.. izin copas yak, makacih.

    BalasHapus
  15. mantap sekali patut di kasih jempoooooooooooooooolllll

    BalasHapus
  16. sangat membantu,,,terimah kasih deh

    BalasHapus
  17. kalau contoh soal dari ASPEK PSIKOMOTORIK kayak gimana? tolong bantuannya dong...... terima kasih

    BalasHapus