Monday, October 15, 2012

Korosi Pitting (Sumuran)



BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pada zaman sekarang kita pasti sering melihat besi atau baja digunakan dalam berbagai macam hal seperti sebagai bahan material bangunan ataupun bermacam – macam benda yang sering kita pakai sehari – hari. Besi dan baja tidak dapat selamanya terhindar dari berbagai masalah yang dapat merugikan bagi penggunanya. Dalam berbagai macam masalah tersebut, korosi merupakan masalah yang paling utama karena dapat merusak struktur atom yang ada pada besi atau baja tersebut.
Korosi memiliki banyak macam dan jenis salah satunya adalah korosi sumuran atau dalam bahasa lain disebut dengan korosi pitting. Korosi pitting dianggap jauh lebih berbahaya daripada korosi seragam sejak tingkat adalah 10-100 kali lebih tinggi. Korosi pitting sangat dipercepat jika klorida, sulfat atau bromida ion yang hadir dalam larutan elektrolit. Baja stainless dan logam lain membentuk lapisan oksida pasif pada permukaan mereka ( Aluminium paduan , paduan tembaga , kromium) dalam elektrolit dan suasana sensitif terhadap korosi pitting.  
Satu lubang di sistem besar dapat cukup untuk menghasilkan bencana kegagalan sistem itu. Sebuah contoh ekstrim dari bencana kegagalan seperti terjadi di Meksiko, di mana lubang tunggal di garis bensin berjalan melalui saluran limbah sudah cukup untuk menciptakan kekacauan besar untuk sebuah kota, menewaskan 215 orang di Guadalajara.
Oleh karena itu, dalam pembuatan makalah ini kami mengambil tema tentang korosi sumuran atau pitting yang kami rasa sangat berbahaya dan dibutuhkan suatu pengetahuan yang lebih dalam mempelajarinya.

1.2  Tujuan
Makalah ini kami buat agar mahasiswa lebih mengetahui tentang korosi sumuran atau korosi pitting dan mahasiswa juga lebih mudah dalam pencarian tentang materi korosi pitting ini.




BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Definisi
      Pitting korosi adalah bentuk korosi lokal di mana terjadi kerugian logam dalam bentuk lubang dengan penampang relatif kecil untuk permukaan terbuka secara keseluruhan. Sebagian besar permukaan sering menderita kerugian logam sedikit atau tidak ada. Penetrasi bisa begitu besar sehingga dinding dapat benar-benar berlubang sehingga kebocoran. Atau, penetrasi bisa berhenti di kedalaman tertentu atau berhenti dan kemudian restart. Untuk komponen di bawah tekanan tarik, lubang dapat inisiasi situs untuk retak, yang kemudian dapat tumbuh dengan kecepatan tinggi, akhirnya berakhir dengan kegagalan atau terputusnya bagian.
      Pitting korosi pada logam bentuk pasif dan paduan stainless steel seperti ketika film ultra-tipis pasif (oxide film) secara kimiawi atau secara mekanis rusak dan tidak segera kembali. Lubang yang dihasilkan dapat menjadi lebar dan dangkal atau sempit dan mendalam yang dapat dengan cepat melubangi ketebalan dinding logam.

2.2 Mekanisme Umum

Salah satu mekanisme yang berbeda tidak dapat dipanggil untuk menggambarkan pitting pada semua paduan dan dalam semua lingkungan. Bahkan, masih ada ketidaksepakatan mengenai mekanisme yang tepat yang menyebabkan lubang untuk memulai dan menyebarkan. Namun, karakteristik tertentu yang umum untuk sebagian besar jenis pitting.

  • Paling umum pitting dikaitkan dengan ion halida yang mengandung halida dan seperti klorida, bromida, dan hipoklorit.
  • Sebuah katoda anoda besar hubungan vs area kecil cenderung ada. Sebagian besar permukaan yang tidak diserang dapat bertindak sebagai katoda dan hanya wilayah kecil yang diserang dapat bertindak sebagai anoda.
  • Konsentrasi ion dalam pit dan dalam cairan massal yang berbeda. Konsentrasi ionik jauh lebih besar dalam daerah pit.
  • Hidrolisis reaksi yang melibatkan logam yang mengandung kation dalam lubang menyebabkan keasaman meningkat, yaitu pH menurun secara signifikan.
  • Kadang-kadang produk hidrolisis reaksi dapat menciptakan efek autocatalytic di mana kehadiran mereka mempercepat propagasi pit.
  • Inisiasi dapat terjadi pada diskontinuitas dalam lapisan baik pasif dalam permukaan paduan atau antara logam dasar dan inklusi.
  • Permukaan terkena kondisi stagnan (ketiadaan atau gerakan fluida berkurang) sering diamati untuk pit lebih mudah daripada permukaan yang sama terkena gerakan fluida.
2.3 Tahapan korosi pitting:
  • Inisiasi Pit. Sebuah lubang awal dapat terbentuk pada permukaan ditutupi oleh lapisan oksida pasif sebagai akibat dari berikut:
    • Kerusakan mekanis dari film pasif disebabkan oleh goresan. Reaksi Anodik dimulai pada permukaan logam terkena elektrolit. Sekitarnya permukaan dipasivasi bertindak sebagai katoda.
    • Partikel dari kedua fase ( non-logam inklusi , inklusi intermetalik , partikel logam, Microsegregation ) muncul pada permukaan logam. Partikel-partikel ini mempercepat sepanjang batas butir dapat berfungsi sebagai anoda lokal menyebabkan korosi galvanik lokal dan pembentukan lubang awal.
    • Menekankan lokal dalam bentuk dislokasi muncul di permukaan dapat menjadi anoda dan memulai lubang.
    • Non-homogen lingkungan dapat membubarkan film pasif di lokasi tertentu di mana lubang awal bentuk.
·         Pertumbuhan Pit. Di hadapan lubang-lubang ion klorida yang berkembang melalui mekanisme autocatalytic.
2.4  Anodik reaksi di dalam lubang:
Fe = Fe 2 + + 2e - (disolusi besi)
Elektron diberikan oleh aliran anoda ke katoda (permukaan dipasivasi) di mana mereka dibuang dalam reaksi katodik:
1/2O 2 + H 2 O + 2e - = 2 (OH -)
Sebagai hasil dari reaksi-reaksi elektrolit tertutup di pit keuntungan muatan listrik positif dalam kontras dengan elektrolit sekitar lubang, yang menjadi bermuatan negatif. Lubang bermuatan positif menarik ion negatif Cl klorin meningkatkan keasaman elektrolit menurut reaksi:
FeCl 2 + 2H 2 O = Fe (OH) 2 + 2HCl
PH elektrolit di dalam lubang menurun (meningkat keasaman) dari 6 sampai 2-3, yang menyebabkan percepatan proses korosi. Rasio besar antara anoda dan katoda daerah nikmat peningkatan laju korosi. Produk korosi (Fe (OH) 3) terbentuk di sekitar lubang mengakibatkan pemisahan lebih lanjut elektrolit nya.

2.5 Karakteristik Elektrokimia

Dalam istilah elektrokimia, yang "potensial pitting kritis" (kadang-kadang disebut "pecah potensial") merupakan ciri elektrokimia yang mengandalkan paduan berbagi pasif jika mereka mengalami korosi pitting. Potensi ini adalah potensi yang paling negatif di atas lubang dapat memulai dan menyebarkan. Artefak pengukuran dengan asumsi tidak ada, nilai potensi ini memberikan nilai batas atas. Kontrol pada potensial yang lebih tinggi (lebih anodik atau lebih mulia) akan menghancurkan kepasifan dan mempromosikan pitting. Artinya, jika potensi korosi lebih besar dari (anodik sehubungan dengan) potensi pitting, pitting akan memulai. Potensi ini sering diperkirakan dari Siklik Memindai Polarisasi Potentiodynamic .

2.6 Pencegahan
Korosi Pitting dapat dicegah melalui:
  • Pemilihan bahan yang tepat dengan resistensi diketahui oleh lingkungan layanan
  • Kontrol pH, konsentrasi klorida dan suhu
  • perlindungan Katodik dan Perlindungan anodik
  • Gunakan paduan tinggi (ASTM G48) untuk peningkatan resistensi terhadap korosi pitting
  • Menghindari zona stagnan dan deposito, serta mengurangi agresivitas medium
  • Pengendalian komposisi elektrolit (ID ion klorida)
  • Inhibitor korosi yaitu suatu senyawa yang berperan melindungi logam dari korosi dengan melalui berbagai cara. Untuk itu diperlukan analisis dan perhitungan yang matang pada praktek penggunaannya agar didapat hasil yang efektif.



BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pitting yaitu korosi dari permukaan logam, terbatas pada titik atau daerah kecil, yang mengambil bentuk rongga. Korosi pitting adalah bentuk lokal dari korosi dimana rongga atau "lubang" yang diproduksi dalam materi. Pitting dianggap lebih berbahaya daripada kerusakan korosi seragam karena lebih sulit untuk mendeteksi dan memprediksi terhadap desain.
Faktor pitting :
a.       Kimia lokal atau kerusakan mekanis film oksida pelindung; faktor kimia air yang dapat menyebabkan kerusakan sebuah film pasif keasaman, konsentrasi oksigen rendah terlarut (yang cenderung untuk membuat film oksida pelindung kurang stabil) dan konsentrasi klorida yang tinggi (seperti dalam air laut )
b.      Kerusakan, atau aplikasi miskin, lapisan pelindung
c.       Kehadiran non-keseragaman dalam struktur logam komponen, misalnya inklusi non logam.
Korosi pitting dapat dicegah melalui:
·         Pemilihan bahan yang tepat dengan resistensi diketahui oleh lingkungan layanan
·         Kontrol pH, konsentrasi klorida dan suhu
·         Perlindungan katodik dan / atau Perlindungan anodik
·         Gunakan paduan tinggi (ASTM G48) untuk peningkatan resistensi terhadap korosi pitting
3.2 Saran
      Untuk perlindungan terhadap serangan korosi pitting ini penulis menganjurkan agar selalu memperhatikan cara -cara pencegahannya seperti yang telah di jelaskan di atas.



DAFTAR PUSTAKA
Referensi / Literatur:
AJ Sedriks: "Korosi Stainless Steels, 2nd Edition", John Wiley, New York, 1996.
Z. Szlarska-Smialowska: "Korosi Pitting Logam", NACE International, Houston, 1986.
Link :





                                                                         

15 comments:

  1. http://www.westendumc.org/blog/andrew-ministers-offering-hospitality-and-connection

    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO

    Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service

    You can chat, video call, phone, view photos, have fun, and even meet!
    online datingsite, online dating indonesia, free online dating, best online dating site free, online dating app, online dating terbaik, dating online chat, situs online dating, free dating sites without payment, dating online with video call, dating, meet me, meet, people nearby, soulmate, heart, online dating apps, free online dating, video call, audio chat, find your partner, setipe, skout, flurv, bigo live, Tinder, OkCupid, Hookup, BeeTalk
    online dating site

    ReplyDelete
  2. Hello, U write some extraordinarily attractive blogs. I always check back here frequently tm.scr888.m to see if you have updated
    Great blog, keeping me from working. All the Best 

    ReplyDelete
  3. You got a really useful blog 918kiss malaysia net download 918kiss apk I have been here reading for about half an hour. I am a newbie and your post is valuable for me.
    Thanks for taking the time t

    ReplyDelete
  4. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    (Tommy.k)

    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Anti karat

    ReplyDelete
  5. Korosi fitting seperti itu karena bentuk lubang yang beragam pada plat itu dilak dilapisi karena pengerjaan dingin dan lapisan pelindungnya terkupas

    ReplyDelete
  6. Thanks for sharing info. Keep up the good work...We hope you will visit our blog often pussy888 apk download as we discuss topics of interest to you

    ReplyDelete
  7. 👉 HOT PROMO
    - Bonus New member 10%
    - Bonus Harian 5rb
    - Bonus Rollingan Slot 0.3%
    - Bonus Cashback Slot 5%
    - Bonus Rollingan Casino 0.7%

    👉 LAYANAN DEPOSIT
    - BANK ALL TYPE
    - OVO
    - GO-PAY
    - DANA
    - PULSA TELKOMSEL

    kunjung link kami di putih slot

    ReplyDelete
  8. How to win at a casino: 7 steps1.1Bet is legal in the US
    You can 의정부 출장안마 be a millionaire online 원주 출장안마 and if it makes it through, you are going to need 논산 출장샵 to gamble 서귀포 출장안마 on it in order to be 청주 출장안마 worth $100k. This means that

    ReplyDelete
  9. Layanan 24 jam siap membantu anda. gabung dan main bersama kami di situs slot dana tergacor http://207.148.121.64/

    ReplyDelete
  10. Ingin cari slot gacor langsung kunjungin website kami https://170.187.225.205/

    ReplyDelete